Sabtu, 30 April 2011

Bahan-bahan alami yang dapat membersihkan perabot rumah.


Akhir minggu ini mungkin Anda merencanakan untuk bersih-bersih rumah. Membuatnya cemerlang kembali. Banyak bahan-bahan alami yang mudah didapat untuk membersihkan rumah. Selain murah, bahan-bahan tersebut juga aman untuk kesehatan Anda.

Membersihkan Interior agar tetap cemerlang
Nah tips berikut ini mungkin bermanfaat untuk Anda yang mau bersih-bersih rumah seusai pesta.

1. Baking Soda untuk Karpet dan Sofa.


Sofa dan Karpet mungkin salah satu bagian interior rumah yang paling sering terkena noda sisa makanan. Selain menimbulkan bauh yang tak sedap, bekas makanan/minuman yang tumpah mungkin menimbulkan noda.
Gunakan baking soda yang dicampur air. Aduk sampai kental/pasta. Bila nodanya cukup kuat/dalam Anda dapat menambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke adonan. Oleskan pasta tersebut pada noda, gosoklah dengan spon. Lalu angkatlah kotoran dengan kain basah. Setelah itu laplah dengan kain kering.
Anda juga dapat memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan bau pada karpet. Caranya: taburkan baking soda di permukaan karpet 15-30 menit. Bila bau cukup menyengat Anda dapat mendiamkan dulu semalaman. Setelah itu, gunakan penyedot debu seperti biasanya.
Selain itu baking soda dapat menyerab bau di lemari es, kloset, lemari pakaian atau tempat-tempat tertutup lainnya.


2. Cuka/perasan lemon untuk piring dan gelas.



Gelas dan piring mungkin tidak bersih sempurna setelah dicuci. Gunakanlah cuka putih/perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Semprotkan pada gelas dan piring dan kemudian cucilah seperti biasa.


3. Kayu Manis, Cengkeh dan Minyak Vanilla untuk pengharum ruang.

Ketiganya adalah bahan natural yang mudah Anda dapat. Caranya basahilah kapas dengan minyak vanilla. Letakkan di sudut-sudut ruangan. Sementara kayu manis dan cengkeh dibungkus kain dan direbus. Uapnya dapat dipakai untuk pengharum ruangan.




" Nah selamat bersih-bersih rumah".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar